18 Okt 2014

Tips Membuat Bunga Kering Untuk Dekorasi Rumah


Apakah Anda menikmati rangkaian bunga yang indah di sekitar rumah Anda? Bagi pecinta bunga, merupakan kenikmatan tersendiri menikmati warna dan keragaman bunga yang Anda taruh di setiap sudut rumah. Namun, bunga tidak bisa bertahan lama. Seiring berjalannya waktu, keindahan bunga akan memudar dan layu dan mati. Kecuali Anda membuat kreativitas tertentu yang akan membuat bunga bertahan lama, Anda tidak akan bisa menikmati keindahannya sepanjang musim. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bunga kering; yang harus Anda lakukan adalah memilih bunga pilihan Anda dan menyiapkan persediaan untuk mengeringkannya. 

Menjemur bunga tidak begitu sulit dan bahannya mudah didapat. Anda bisa mulai mengeringkan bunga dari sekarang dan menikmati keindahan di dalam rumah Anda! 

Metode Bunga Kering Ditekan Menjemur bunga dengan cara ditekan biasanya dilakukan dengan meletakkan bunga di tengah-tengah lipatan koran, buku telepon bekas, atau buku tebal lainnya. Cara menjemur ini bisa Anda lakukan untuk bunga yang bentuknya pipih atau batang dan daunnya tipis, seperti bunga pansy atau lili. 

Anda juga bisa menggunakan tisu atau handuk kertas di sela-selanya untuk menutupi bunga, agar lebih banyak kelembapan yang bisa diserap dan menghasilkan bunga yang lebih kering. Tisu-tisu ini juga akan membantu bunga Anda terkena tinta koran. Pastikan untuk meletakkan batu bata berat atau benda serupa di atas lipatan koran atau buku untuk memberi tekanan lebih. Pengeringan semacam ini akan memakan waktu 2-4 minggu sebelum bunga benar-benar kering. 

Metode Bunga Kering Udara 

Mengeringkan bunga dengan cara digantung di udara, atau dijemur di udara, akan memberikan bentuk bunga yang terjaga dengan baik. Caranya dengan mengikat bunga menggunakan karet gelang atau tali lain pada batangnya, lalu digantung terbalik. Pisahkan bunga dari benda lain yang dapat menyentuh bunga, karena pengeringan udara dapat menyebabkan kelopak bunga atau kuntum bunga rapuh dan mudah terlepas. 

Tempat terbaik untuk mengeringkan bunga di udara adalah di tempat gelap yang tidak terkena sinar matahari langsung, karena sinar matahari dapat menyebabkan memudarnya warna kelopak bunga, namun memiliki aliran udara yang cukup dan kelembapan yang stabil. Proses pengeringan udara bisa memakan waktu 2-3 minggu. Di bawah ini adalah beberapa jenis bunga yang bisa Anda jemur. 

Metode Bunga Kering Desiccant Desiccant adalah zat yang dapat menyerap air atau lembab dari udara. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan mereka karena sering kali Anda akan menemukannya di dalam kotak elektronik atau kue. 

Pengering yang umum digunakan untuk mengeringkan bunga adalah silika. Penggunaan pasir silika/gel memberikan hasil terbaik dari bunga kering. Bunga kering akan tetap dalam bentuk dan warna aslinya, dan prosesnya sendiri sangat sederhana. Teknik pengeringan silika dapat dibagi menjadi dua metode yaitu dengan memanaskan silika dalam oven microwave dan dengan menyimpan silika dalam wadah kedap udara. Anda bisa mengeringkan aster, mawar, marigold, atau zinnia menggunakan silika.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com