10 Nov 2014

Menikmati Segarnya Minum Cincau


Di Indonesia sepanjang tahun hanya ada dua musim : musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau, banyak sinar matahari dan cuaca menjadi sangat panas. Karena cuacanya panas dan kering, banyak orang suka menikmati minuman dingin atau gurun pasir. Sayangnya, mereka sering lalai dalam memilih minuman atau dessert yang dingin dan menyegarkan. Seringkali mereka mengkonsumsi makanan atau minuman yang justru memperparah penyakit, seperti diabetes, obesitas, atau alergi. 

Oleh karena itu, meski cuaca panas dan dahaga yang mendera, Anda harus selalu berusaha memilih makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dengan cincau. Meski rasanya cincau agak hambar, namun jika dipadukan dengan bahan makanan lain, Anda bisa menikmati es cincau yang nikmat. 

Mau Minum Cincau?

Cincau sangat populer di kawasan Asia Tenggara. Dari Cina hingga Taiwan dan Malaysia hingga Indonesia, cincau dibuat menjadi berbagai macam makanan penutup. Banyak cara untuk menikmati cincau, namun kebanyakan orang menikmatinya dengan mencampurkan cincau dengan bahan lain seperti buah-buahan, sirup, es serut, rumput laut kering, dan lain-lain. 

Anda dapat bereksperimen sendiri dengan mencampurkan gurun favorit Anda dengan cincau. Berikut adalah beberapa ide untuk menikmati cincau lezat :

Potong cincau menjadi kubus. Campurkan dengan santan dan susu kental putih. 

Campurkan potongan cincau dengan santan dan gula merah cair. 

Masukkan kubus cincau ke dalam mangkuk kaca. Beri es parut dan sirup di atasnya. 

Cincau potong dadu dan nangka matang. Masukkan ke dalam gelas dan tambahkan sedikit nata de coco. Beri sedikit santan dan susu kental manis. Atau, beri es parut, sirup, dan susu kental manis. 

Campurkan cincau padat dengan kacang merah manis dan es serut. Anda bisa membuat es serut dari susu kedelai atau santan yang didinginkan. Jangan lupa campur dengan sirup atau susu manis. 

Campurkan cincau dengan pelampung ice cream. Enak! 

Manfaat Cincau 

Cincau terbuat dari rebusan daun Mesona Palustris yang didinginkan hingga berbentuk agar-agar padat. Cincau terdiri dari dua jenis, yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Cincau Hitam terbuat dari Mesona Palustris yang sudah tua dan difermentasi sehingga lebih elastis dan tahan lama. 

Di negara-negara Asia dan Asia Tenggara, beberapa penelitian menunjukkan bahwa cincau bermanfaat untuk beberapa jenis penyakit karena kandungan nutrisinya. Studi menunjukkan bahwa cincau mengandung Vitamin E (Anti Oksidan), Kalsium dan fosfor, Vitamin A, B1, dan C, dan Sumber Serat Pangan Larut. 

Sementara itu, berikut jenis penyakit yang mungkin bisa dicegah dengan mengkonsumsi cincau: Diabetes melitus Serangan jantung Stroke Diare Tekanan darah tinggi

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com