14 Mar 2015

Penipuan Masak Gratis

 

Masak-masak

Suatu hari mama saya mengirim SMS yang menanyakan apakah saya mau menemaninya menonton demo memasak ayam crispy yang akan diadakan di rumahnya. Alasannya mengapa meminta saya menemani karena demo masak itu diadakan 'khusus' di rumah mama dan hanya untuk mama. 

Mama tidak diperkenankan mengundang tetangga untuk melihat demo tersebut. Saya langsung curiga. Rasanya janggal sekali bila ada seseorang yang hendak mempromosikan keahliannya tapi mewanti-wanti penontonnya untuk tidak menyebarkannya ke orang lain. Pasti ada apa-apa di belakangnya, begitu pikir saya. 

Langsung saja saya mencari-cari informasinya lebih lanjut di internet dan... tahukah apa yang saya dapatkan? Ternyata, yang disebut dengan demo memasak itu tidak lain adalah sebuah penipuan masak gratis sebagai kedok menjual panci. 

Secara singkat, sang pendemo nantinya akan memasak ayam crispy di rumah sang penonton (yang umumnya ibu rumah tangga) menggunakan panci anti lengket miliknya. Resep tepungnya biasa saja, sama seperti yang lain. 

Hanya saja teknik memasaknya yang tidak diketahui oleh umumnya ibu-ibu rumah tangga memang ditampilkan dengan cara menarik, sehingga seakan-akan meninggalkan kesan 'wah' di dalam hati mereka. Ketika sudah selesai, di sinilah trik promosinya, mereka akan menawakan set panci yang digunakan untuk memasak tersebut. 

Harganya lumayan mahal dibandingkan panci atau kuali anti lengket umumnya. Mereka akan 'keukeuh' berkata bahwa hanya dengan menggunakan alat memasak itulah akan bisa didapatkan hasil ayam goreng yang crispy dan lezat. Masak sih...?? 

Seingat saya, abang-abang penjual ayam goreng crispy di pinggir jalan hanya menggunakan penggorengan besi biasa yang seringkali sudah menghitam karena dipakai dalam waktu lama. Akhirnya saya hanya meminta mama agar tidak meneruskan rencananya untuk membiarkan orang tersebut demo masak di rumahnya. 

Tapi, mama ngotot dan berkata hanya ingin tahu. Yah sudahlah... saya minta mama untuk ditemani papa, khawatir orang tersebut memaksa mama untuk membeli sesuatu yang mama tidak mau. Entah apakah ini yang disebut kreatif mencari ide promosi marketing, atau terlalu malas untuk mencari cara lain untuk berjualan dengan benar.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com