25 Apr 2015

Debu Lagi, Sakit Lagi

Debu

Beberapa hari ini saya sedang tidak semangat karena terkena serangan asma lagi. Ada beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya:

  • Permasalahan keluarga yang membuat saya stres dan kepikiran
  • Permasalahan hormon yang tidak seimbang di akhir bulan
  • Aliran angin kencang yang menerpa rumah dan membawa debu

Saya sadar bahwa ketiga hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan dan memicu asma saya. Permasalahan di dalam keluarga yang menuntut untuk diselesaikan secara tidak sadar membuat saya murung dan tidak semangat.

Ketidakseimbangan hormon di akhir bulan membuat ketahanan fisik saya terganggu. Saya pernah membaca bahwa ketidakseimbangan hormon pada perempuan dapat memicu asma (Asthma in Women), jadi mungkin saja ini penyebabnya.

Yang turut menyumbang menurunnya kondisi fisik dan memicu asma saya adalah angin kencang yang bertiup beberapa hari terakhir ini. Di luar rumah, angin bertiup kencang hingga menerbangkan kerei besi, membanting pintu dan jendela, dan tentu saja membawa masuk debu dan kotoran ke dalam rumah saya. Seakan-akan melengkapi kedua faktor di atas, faktor ini pun menjadi senjata pamungkas yang membuat saya akhirnya kembali batuk-batuk dan sesak nafas.

Saya mencoba memperbaiki kondisi ini dengan melakukan apa yang saya bisa:

  • Memperbanyak makan buah dan sayur (alpukat bagus untuk menyeimbangkan hormon)
  • Memperbanyak minum air putih (saya coba puasa saat kondisi ini tapi hasilnya sangat tidak baik; saya semakin sering batuk karena tenggorokan terasa gatal dan kering. Akibatnya, asma saya pun menjadi makin buruk)
  • Minum suplemen yang mengandung omega 3 (minyak ikan) yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Saya pernah baca bahwa habbatussauda pun memiliki manfaat anti infalamasi jadi saya akan rutinkan minum keduanya
  • Menghindari kontak dengan udara luar dan menggunakan masker bila harus berada di luar rumah saat angin kencang

Semoga saja apa yang saya lakukan ini dapat membuat asma saya semakin terkontrol dan dapat teratasi. Sungguh kesehatan adalah karunia Allah yang amat besar, dan sudah sepatutnya dijaga dengan sebaik mungkin.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com