5 Mei 2015

Hikmah Rasulullah Sebagai Teladan Manusia

 

Muhammad

Rasulullah adalah manusia yang paling sempurna di atas bumi, tidak ada satu pun manusia yang menyerupai kesempurnaannya. Namun, ia pun hanyalah manusia biasa. Ia memiliki kekurangan di samping kelebihannya. 

Bedanya dengan manusia biasa adalah, kekurangannya senantiasa diperbaiki oleh Allah secara langsung. Wajar bila kemudian Allah memerintahkan hamba-Nya untuk meneladani Rasulullah dalam kehidupannya. Bila kemudian ada yang menyangsikan dan berkata bahwa Rasulullah bukan manusia yang paling sempurna karena ia bukan seorang ahli sains, teknologi, bahasa, dan lain sebagainya, mereka tidak memahami bahwa bukan dalam kerangka itulah kesempurnaan Rasulullah. 

Rasulullah adalah sempurna dalam kerangka yang sudah Allah tentukan atasnya; sebagai seorang pemimpin, suami, ayah, dan yang utamanya adalah penyampai risalah. Sebagai pemimpin, ia memberi teladan yang baik bagi yang dipimpinnya. Ia disegani oleh musuhnya dan dicintai sahabatnya. 

Sebagai suami, Rasulullah selalu berakhlak yang baik kepada istri-istrinya, sekalipun ia tetap memiliki kecenderungan hati kepada istri-istrinya yang tertentu. Meski demikian, Rasulullah tetap memperlakukan semua istrinya dengan adab yang baik dan penuh hormat. 

Sebagai ayah, tidak disangsikan kelembutan dan kasih sayangnya kepada semua anak dan cucunya. Sebagai seorang risalah, Rasulullah selalu mengedepankan kepentingan umatnya, serta mendidik dengan penuh cinta dan kesabaran. Seperti itulah kesempurnaan Rasulullah yang telah Allah tetapkan, dan dari sisi-sisi itulah umatnya dapat meneladani beliau. 

Seperti halnya yang saya coba lakukan dalam hidup sehari-hari. Rasulullah senang berpuasa sunnah, maka saya pun ingin mencoba membiasakan diri puasa di luar bulan Ramadhan. Rasulullah senang makan habbatussauda dan kurma, saya pun rutin mengkonsumsi habbatussauda setiap hari. Rasulullah senang bersenda gurau di dalam keluarganya, saya pun berusaha agar kehidupan dalam keluarga antara saya, ayah, dan Aini penuh dengan canda yang hangat. Dan… Subhanallah… ternyata semua itu membawa keberkahan bagi hidup saya. 

Adalah benar beberapa hal dalam kehidupan Rasulullah dipengaruhi oleh iklim dan budaya di daerah Arab tempatnya dahulu tinggal. Namun, siapa di masa Rasulullah hidup dulu, yang tahu bahwa ada begitu banyak manfaat dalam kurma dan habbatussauda? Tidak ada. 

Semuanya baru diketahui saat ini saja setelah banyak penelitian ilmiah terhadap kedua makanan tersebut. Meski demikian, Allah telah menjadikan Rasulullah menyukainya sehingga umatnya kini mencontohnya dan mendapatkan berkah sehat darinya. Ini baru satu contoh dari apa yang dimakan Rasulullah, belum yang lain-lainnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com