29 Mei 2015

Memasak dengan Kuah Bakso Instan

Bumbu Kuah Bakso
Kuah bakso instan bisa digunakan untuk menikmati bakso di rumah kapan pun saat kondisi apa pun. Seperti kemarin sore. Tiba-tiba saja, saya ingin menikmati semangkuk bakso hangat. Tapi, saya ragu-ragu untuk membeli dari tukang bakso yang lewat di kompleks. Saya khawatir dengan aneka isu mengenai bakso dengan formalin, boraks, dan lain-lain.

Saya memutuskan untuk membuat bakso sendiri di rumah. Masalahnya adalah saya tidak punya tulang atau daging sapi untuk membuat kaldu kuah bakso. Akhirnya saya pun menggunakan bumbu kuah bakso instan Mama Suka yang saya beli di supermarket, bersama dengan bakso dari Fiesta.

Memasak bakso sendiri di rumah

Untuk memperkaya rasa, saya menambahkan bumbu-bumbu sebagai berikut:

  1. Batang daun bawang yang saya iris besar-besar
  2. Lada bubuk
  3. Bawang putih yang saya cincang kemudian saya goreng dengan minyak dan direbus, sehingga saya mendapat kuah minyak bawang

Pada awalnya, saya hanya memasukkan kuah minyak bawang ke dalam rebusan air, lalu ditambah dengan bumbu kuah bakso instan, garam, gula, dan lada bubuk.

Kemudian, saya masukkan bakso satu-persatu yang terdiri dari; bakso sapi, bakso sosis, dan chicken tofu. Saya juga masukkan batang daun bawang yang sudah diiris ke dalamnya.

Sebelum daun bawang dimasukkan, rasa yang dominan adalah kaldu sapi, gula, garam, dan hangat lada. Namun, setelah daun bawang dimasukkan rasanya menjadi lebih seimbang dan lezat.

Bihun jagung dan mie kuning telor sudah saya rebus dan tiriskan terlebih dahulu. Setelah bakso dan kuahnya matang dan selesai dibumbui, saya tinggal menyajikannya di mangkuk dengan tambahan kecap dan saus pedas.

Alhamdulillah Aini dan Ayah menyantap bakso rumahan ini dengan lahap. Setidaknya, saya tidak perlu khawatir akan bakso dengan bahan-bahan berbahaya seperti yang mungkin saya dapatkan bila membeli bakso di luar. Penggunaan bumbu kuah bakso instan pun tidak perlu sebanyak yang tertulis di anjuran pemakaian, karena ada tambahan bumbu alami lainnya seperti bawang, gula, garam, dan lada.

Tentunya akan lebih lezat lagi bila bisa ditambahkan kaldu dari tulang atau daging sapi sungguhan yang direbus lama. Namun, untuk sementara saya rasa cukuplah bakso rumahan yang lezat ini untuk kami sekeluarga.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com