28 Mei 2015

Memasak Sayur Bening Labu Air

Labu Air

Hari ini, untuk yang pertama kalinya saya membeli labu air di tukang sayur yang lewat di depan rumah. Ketika melihat dan memegangnya (untuk yang pertama kalinya), saya bingung apakah labu air termasuk buah atau sayur dan bagaimana cara membuatnya menjadi sayur bening. Sebab, sepintas lalu labu air terlihat seperti lobak (tampilan luarnya). Namun bila diperhatikan tidak jauh berbeda dengan mentimun. 

Ketika tukang sayur membelah buah labu air ini, di dalamnya terlihat dagingnya yang putih dan biji-bijinya yang juga putih, lonjong, dan besar. Daging buah ketika mentah teksturnya mirip dengan oyong, agak lembut bila ditekan. 

Saya membeli separuh saja labu air tersebut, karena satu buah terlalu besar bagi saya sekeluarga. Di rumah, saya membuat sayur bening labu air atau yang biasa disebut juga labu botol/ labu putih. 

Bahan yang saya gunakan untuk memasak sayur bening labu air: 

  • Labu air, dikupas kulitnya lalu dipotong kotak-kotak 
  • Bawang merah 4 siung diiris tipis 
  • Gula, garam, lada, sedikit penyedap rasa 
  • Tomat satu buah, dipotong kotak-kotak 

Cara memasaknya: 

  • Labu air yang sudah dikupas kulitnya dibersihkan di air dan dipotong kotak-kotak. 
  • Rebus bawang putih yang sudah diiris hingga mendidih, masukkan garam, gula, dan lada. Cicipi apakah rasanya sudah sesuai selera. 
  • Masukkan labu air yang sudah dipotong, aduk sebentar, beri tambahan penyedap rasa (sedikit saja). 
  • Masak hingga warnanya berubah dari hijau tua menjadi hijau muda dan bagian tengah (biji) lebih lunak. Sebelum matikan api, masukkan tomat potong dan aduk sebentar. 
  • Sajikan. 

Saya tidak menggunakan temu kunci karena persediaan di rumah sedang kosong, tapi tentu saja Anda bisa menggunakannya karena akan memberikan rasa dingin segar ke dalam sayur bening ini. Saya menggunakan lada sebagai ganti irisan cabai yang bisa Anda gunakan bila menginginkan sayur bening yang terasa agak hangat. 

Saya juga tidak memasak labu air terlalu lama, melainkan sebentar saja hingga teksturnya agak kenyal. Selain itu, semakin lama berada di dalam air, labu menjadi lembek dengan sendirinya karena menyerap air.

Rasa kuah sayurnya sama persis dengan sayur bayam, sepertinya labu air tidak memiliki rasa tertentu sehingga mengikuti bumbu yang dimasukkan ke dalam kuah. Tomat saya masukkan paling terakhir agar tidak terlalu mempengaruhi rasa sayur beningnya. Info : Labu air = labu botol = labu putih = calabash (bahasa Norwegia) = bottle gourd (bahasa Inggris)

CC BY-SA 3.0, Pranala
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com