12 Nov 2015

Belajar Jenis Kain Satin

 

Kain Satin

Berkat workshop bunga bakar lengkung imut yang saya ikuti seminggu yang lalu, saya jadi tahu bahwa ada beberapa jenis kain satin. Hm... kok hanya kain satin? Ya, karena kain ini adalah satu dari beberapa jenis kain lain yang sudah saya gunakan untuk aktifitas craft saya. Selain kain satin, jenis-jenis kain lain yang saya gunakan untuk membuat karya craft adalah; katun jepang, tile glitter, flanel, sifon, dan organdi. 

Khusus untuk tulisan kali ini, saya ingin menulis tentang jenis kain satin yang saya ketahui, sebagai bekal di kemudian hari. Jadi, kain satin ada yang berjenis: 

  1. Jeruk, harga Rp 14.000,- per meter. Tekstur kasar, mengilat di satu sisi dan seperti kulit jeruk di sisi lain. Bila dipotong lalu ditarik pinggirannya, mudah berubah bentuknya jadi melar (tidak stabil). 
  2. Biasa, harga Rp 17.000,- per meter. Tekstur halus tapi bahannya tipis. Juga mudah berubah bentuk bila dipotong dan ditarik pinggirannya. 
  3. Velvet, harga Rp 30.000,- per meter. Tekstur halus, bahan lebih tebal daripada satin biasa, tapi mudah lecek (tidak licin). Karena lebih tebal, kainnya jadi lebih stabil dan tidak mudah berubah bentuk setelah dipotong. 
  4. Roberto Cavalli, harga Rp 35.000,- per meter. Tekstur halus, tebal, licin, potongan kain stabil (tidak mudah berubah bila ditarik). Bila dilihat sepintas, kain satin velvet dan Cavalli hampir mirip, baik dari kehalusan dan corak garis lurus di belakang kainnya. Tapi, kain satin velvet cenderung lebih mudah lecek sehingga bila dijadikan bunga serut hasilnya tidak semenarik kain satin Cavalli.

Harga-harga tersebut saya dapatkan dari beberapa toko kain di seputaran Depok. Mungkin harganya bisa lebih murah bila dibeli di pasar Tanah Abang, seperti halnya katun Jepang yang beda hingga Rp 10.000,- antara di Depok dan Tanah Abang. 

Setelah survey, saya simpulkan bahwa lokasi paling bagus untuk membeli kain-kain satin aneka jenis itu adalah di toko kain di pasar Pal, Jl. Akses UI. Meski di ITC ada beberapa toko kain, tapi mereka tidak memiliki kain satin Cavalli yang saya gunakan untuk membuat bunga bakar dalam banyak koleksi warna. Beda dengan di toko kain di pasar Pal tersebut, kalau dihitung-hitung, mungkin ada lebih dari 20 jenis warna di toko tersebut. 

Kalau tertarik mau membelinya, letak toko kain itu ada di gang sebelum pertigaan Mall Cimanggis, tepat di samping toko perlengkapan bayi 'Istana Baby'. Saya tidak ingat nama tokonya tapi begitu masuk ke dalamnya, amat sangat banyak aneka kain di dalamnya, mulai dari bahan celana panjang, puring, satin, brokat, dan lain-lain. Saat ini, saya menggunakan kain satin Cavalli untuk membuat bunga bakar dan bunga serut. Begitu tahu di toko itu ada banyak pilihan warna kain tersebut, saya sangat senang sekali...!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com