22 Nov 2015

Jamur Shitake Membuat Masakan Jadi Lezat

Jamur Shitake

Pertama kali saya melihat cara mengolah jamur shitake (shiitake dalam bahasa Jepang) adalah di channel TV Waku-Waku dalam acara memasak masakan Jepang. 

Orang Jepang menggunakan jamur shitake dalam berbagai masakan. Tidak hanya digunakan sebagai sayuran, tapi air rendamannya pun digunakan sebagai kaldu di dalam masakan. Nah, ternyata ada cara khusus untuk supaya jamur shitake membuat masakan jadi lezat. 

Pertama, jamur yang dipilih yang masih segar dan kering, tidak lembek dan berlendir. Kemudian, jamur yang segar dibersihkan tidak dengan dicuci dengan air melainkan hanya disikat atau dilap dengan kain agar kotorannya lepas. 

Tips membersihkan jamur ini saya baca dari berbagai sumber di internet, tapi saya sendiri suka membersihkan jamur di keran namun sebentar saja. 

Kedua, batang jamur dicopot dan sisihkan. Batang ini tidak digunakan dalam masakan tapi tetap bisa direndam bersama jamurnya untuk menjadi kaldu. 

Ketiga, jamur yang sudah bersih dan batangnya direndam di dalam mangkuk berisi air matang. Karena jamur ini mudah menyerap air, ia akan cenderung muncul di atas permukaan air bila direndam. Agar tenggelam seluruhnya, bisa ditindih dengan tutup gelas atau piring kecil (bila mangkuknya besar), yang penting jamur tenggelam di dalam air. Rendam selama minimal 7 menit hingga airnya sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Nah, jamur yang sudah direndam itu kemudian dipotong sesuai selera untuk masakan yang diinginkan. 

Saya pernah menggunakan jamur shitake dalam capcay, steamboat, sop, dan tumis shitake minyak zaitun. Untuk capcay dan ditumis minyak zaitun, jamur shitake saya iris tipis-tipis. Sedangkan, untuk steamboat dan sop, jamurnya saya iris agak tebal. 

Air rendamannya pun bisa digunakan dalam masakan itu sendiri, misalnya dalam capcay atau steamboat yang dominan berisi makan laut, seperti otak-otak ikan, udang, dan cumi. Kaldu jamur shitake biasanya saya masukkan paling terakhir, sesudah bawang putih, gula, garam, lada, sedikit penyedap. 

Saya biasanya memasukkan potongan daun bawang untuk menyeimbangkan rasa, dan terakhir kaldu jamur shitake. Setelah sebentar direbus, akan muncul rasa manis dan lembut dari kaldu jamur tersebut, sehingga rasanya menjadi semakin lezat. 

Untuk manfaat jamur shitake sendiri bagi kesehatan, rasanya sudah sangat banyak ditulis di internet. Anda bisa membrowsing dan membacanya sendiri. Yang pasti, jamur shitake segar dan kering memang sehat dan bisa melezatkan masakan. 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com