17 Nov 2015

Kaitan Insulin dengan Lemak

Lemak

Saya sedang mempelajari kaitan insulin dengan lemak. Dari yang saya baca, hormon insulin dihasilkan oleh pankreas dan berfungsi untuk mengurangi jumlah gula di dalam darah karena gula berlebih bagi darah sifatnya adalah racun. 

Bila seseorang makan, di dalam tubuh makanan akan diubah menjadi nutrisi (protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak, dan karbohidrat menjadi gula) yang akan menuju ke seluruh pembuluh darah. Dari darah, nutrisi itu akan menuju ke sel-sel lemak dan otot untuk disimpan sebagai cadangan energi. Pada saat inilah pankreas mengeluarkan insulin untuk memerintahkan sel menyerap gula, asam lemak, dan asam amino. 

Karenanya, pada saat makan biasanya level insulin meningkat untuk mengimbangi masuknya gula ke dalam tubuh melalui makanan. Yang menjadi masalah bila seseorang terus-menerus mengonsumsi makan atau minum manis atau berkarbohidrat tinggi, ia akan tiba pada tahap ketidaksensitifan insulin (insulin resistancy). 

Artinya, sel-sel di tubuhnya tidak lagi mampu menyimpan kelebihan gula sehingga pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak lagi insulin agar sel-sel merespon perintahnya. Akibatnya akan tersedia cadangan gula lebih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan tubuh. Akan tetapi, tidak setiap saat cadangan gula itu terpakai menjadi energi untuk beraktifitas, sehingga sisanya akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam sel-sel lemak. 

Maka itu, seorang yang sudah bertubuh gemuk bila ia makan dan kurang beraktifitas maka ia akan semakin bertambah gemuk, sekalipun yang dimakannya rendah lemak namun tinggi gula (karbohidrat). Sedikit apa pun makanannya, kadar insulin di dalam tubuhnya mudah naik dan mengubah makanannya menjadi gula. Sebaliknya, bila pankreas tidak terlalu reaktif dan menghasilkan insulin berlebih, gula yang dihasilkan dari makanan tidak akan banyak disimpan di dalam sel-sel lemak dan segera digunakan untuk energi dalam beraktifitas.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com