20 Nov 2015

Membuat Gantungan Pintu Flanel

 

Gantungan Pintu Kain Flanel

Membuat gantungan pintu flanel adalah kegiatan yang menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama anak. Saya dan Aini membuat gantungan pintu dari stik es krim dan bunga-bunga flanel. Gantungan pintu ini bisa dipasang di pintu kamar anak atau dinding kamar. Untuk membuatnya pun tidak sulit namun diperlukan kesabaran mengelem stik es krim satu-persatu agar bisa berjajar rapi.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Kain Flanel yang sudah digunting berbentuk huruf dan bunga-bunga kecil, rantai, mote plastik. Yang saya buat tampak seperti gambar di bawah ini, yaitu bunga-bunga flanel tumpuk kecil dan huruf flanel.
  • Stik es krim, kawat bulu (pipe cleaner), renda. Renda yang saya pilih adalah renda organdi yang saya potong selebar papan stik es krim yang akan dijadikan dasar gantungan pintu.
  • Lem fox dan lem tembak. Lem fox digunakan untuk menempel stik es krim menjadi papan, sedangkan lem tembak digunakan untuk menempel hiasan.

Cara membuat :

  1. Gunting kain flanel berbentuk huruf-huruf dan bunga-bunga kecil untuk hiasan. Pasang mote plastik di rantai. Saya membuat dua rantai dengan panjang berbeda dan mote plastik yang sama.
  2. Lem stik es krim menggunakan lem fox putih. Kerjakan dengan hati-hati dan sabar agar stik es krim dapat berjajar dengan lurus. Saya sendiri mencoba mengelem stik es krim tersebut tapi ternyata tidak mudah sampai Aini memberi tahu saya caranya, yaitu dengan menempelkan stik vertikal ke stik horisontal satu-persatu. Awalnya saya pikir yang dilem adalah sisi-sisi vertikal stiknya, tapi ternyata salah. Selain susah dilakukan karena sisi vertikal yang kecil, hasilnya pun berantakan. Dibutuhkan kesabaran untuk mengelem stik es krim hingga bisa berjajar rapi. Bila dikerjakan dengan terburu-buru, stik es krim tersebut bisa jadi tidak sejajar dan hasilnya pun tidak akan terlihat bagus.  
  3. Tempel renda di stik horisontal bagian atas, lalu rantai dengan mote di bagian bawah.
  4. Tempel rantai dengan mote ke stik es krim dengan lem tembak.
  5. Tempel hiasan huruf dan bunga-bunga flanel. Atur sesuai keinginan.
  6. Tempel kawat bulu (pipe cleaner) di bagian belakang.

Gantungan pintu dari stik es krim pun selesai seperti gambar di bawah ini. Gampang kan? Yuk coba buat kreasi ini bersama anak Anda!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com