24 Nov 2015

Toples Kaca

Toples Kaca

Makan di restoran Sagoo Kitchen mall Margo City, Depok, di dalamnya banyak benda-benda kenangan dari masa kecil dulu. Misalnya saja toples kaca seperti foto di atas ini, biasanya dulu saya temui di rumah Nenek waktu liburan Lebaran. Isinya biasanya kue-kue kering khas daerah Jawa Barat, seperti kue sagon kering, kembang goyang, rangginang, dll. 

Restoran Sagoo Kitchen memang mengusung tema Kalau toples kaca yang ini saya temui di salah satu restoran di mall Margo City, Depok, yang mengusung tema rustic alias pedesaan jadul. Wajar saja toples ini jadi bagian dari dekorasi restoran bersama benda-benda lainnya, yang mengingatkan saya pada suasana di rumah Nenek di Majalengka.

Tepatnya rumah nenek berada di area kota, dekat dengan Rumah Sakit Majalengka. Bila lebaran tiba, saya dan keluarga pasti ke sana untuk bertemu dengan keluarga ibu saya yang lain; uwak, bibi, om, dan sepupu-sepupu. Saat hari lebaran, setelah shalat ied, kami akan mengunjungi satu-persatu rumah keluarga besar untuk bersilaturahmi; salam-salaman sambil makan kue dan minum sirup atau teh. Di hari tuanya, nenek pindah rumah ke kota kelahirannya di Tasik. Toples ini jarang saya temui lagi saat mengunjungi nenek yang sakit-sakitan karena semakin tua.

Benda-benda rustic jadul lainnya yang ada di restoran ini:

Celengan Ayam

Siapa yang dulu menabung di celengan ayam seperti ini...? Kalau sudah penuh, celengannya harus dihancurkan untuk diambil uangnya. Sayang sih, tapi bagaimana lagi... hehe.

Peralatan Makan Jadul

Bakul nasi dan mug enamel ini adalah pemandangan yang biasa di rumah-rumah di desa dulu. Kalau sekarang, nasi dimasak di rice cooker dan tetap dibiarkan di sana setelah dimakan.

Peralatan Masak Jadul

Kompor minyak tanah warna hijau sangat umum ditemukan di dapur-dapur jadul. Sebelum ada kompor gas dan listrik, kompor minyak tanah adalah primadona karena tidak perlu susah-susah mencari kayu bakar sebagai bahan bakarnya.

Ember Aluminium
 


 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com