5 Nov 2015

Workshop Bunga Bakar Lengkung

Bunga Bakar

Hari minggu kemarin saya mengikuti workshop craft bertema bunga bakar lengkung. Bunga bakar ini imut nan cantik karena kelopaknya yang kecil dan melengkung dengan sempurna. Saya suka karena pinggiran kelopaknya terbakar dengan mulus dan rata, sehingga membuat bunga seakan-akan hendak menguncup. 

Memang, sih, ada bunga bakar yang pinggiran kelopaknya sengaja dibuat bergelombang agar tampak seperti bunga asli. Tapi, bunga dengan kelopak melengkung ini pun tidak kalah cantik, apalagi ditambah dengan hiasan aneka mutiara dan kristal. Workshopnya diadakan di bakul durian Margonda dan diajarkan oleh Mbak Ika dan Putik Craft. 

Kesulitan terbesar saya adalah menggunting kain satin Roberto Kavali sebagai bahan bunga, karena kain ini sangat licin. Akibatnya, bahan kelopak yang dihasilkan tidak rata, naik turun, dan banyak serat kainnya. Mbak Ika sudah memperingatkan bahwa sebaiknya bahan kelopak digunting dengan rata dan halus, seperti yang ia contohkan. 

Karena kalau tidak, saat proses pembakaran kelopak bisa gosong dan keriting (tidak mulus). Ternyata benar saja, beberapa kali saya membakar kelopak yang saya gunting (yang tidak rata itu), berkali-kali pula kainnya menjadi gosong dan lelehan kain mengeriting. 

 Huuh... saya harus benar-benar berlatih agar bisa menggunting dengan baik dan benar! Tapi, lumayan kan hasilnya? Setelah hampir lima jam berkutat dengan kain dan lilin di workshop, Alhamdulillah saya bisa juga membuat sebuah bunga bakar lengkung yang cantik.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com