4 Des 2015

Cara Menggunakan Clipart Komersial

 

Clipart

Sebelum menggunakan clipart yang Anda dapatkan baik secara online atau dari software publikasi, Anda harus memahami benar apakah clipart tersebut berjenis clipart personal atau clipart komersial. Mengapa hal ini sangat penting? Karena clipart adalah hasil karya seseorang, sehingga pembuatnya memiliki hak yang mengikat siapa pun yang menggunakannya. 

Clipart, sebagai mana lagu, foto, lukisan, atau karya lainnya merupakan ciptaan pembuatnya. Sang pembuat berhak menentukan untuk apa saja karyanya dapat digunakan, dan siapa pun yang menggunakannya harus menaati ketentuan si pembuat clipart. 

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh siapa pun yang akan menggunakan clipart: 

  • Menggunakan clipart tidak boleh sesuka hati
  • Menggunakan clipart harus seijin pemilik (pembuat) clipart 
  • Menggunakan clipart harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemilik (pembuat) clipart

Secara umum, penggunaan clipart dibagi menjadi dua yaitu: 

  1. Penggunaan Clipart Personal (Personal Use): Yang dimaksud dengan penggunaan clipart personal adalah pemanfaatan clipart untuk kepentingan pribadi yang tidak ada unsur profit di dalamnya. Misalnya saja, menggunakan clipart untuk membuat kartu ucapan ulang tahun yang akan Anda berikan kepada anggota keluarga, teman, atau kenalan. Clipart tersebut diprint dalam jumlah terbatas serta tidak diperjual-belikan.
  2. Penggunaan Clipart Komersial (Commercial Use): Yang dimaksud dengan penggunaan clipart komersial adalah pemanfaatan clipart untuk kepentingan yang mengandung unsur profit di dalamnya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya saja, menggunakan clipart untuk membuat kartu ucapan ulang tahun yang diprint (baik dalam jumlah terbatas atau banyak) dan diperjual-belikan (secara langsung ataupun tidak).

Bedakan antara penggunaan personal dengan komersial di atas. Meskipun clipart yang digunakan sama (misalnya gambar kue ulang tahun), tapi pada penggunaan personal hanya digunakan untuk aktifitas pribadi. Sedangkan bila digunakan secara komersial maka tujuannya untuk orang lain dan timbal baliknya adalah keuntungan bagi si pengguna clipart. 

Apakah sebuah clipart boleh digunakan secara personal atau komersial ditentukan oleh pemilik (pembuat) clipart. Siapapun yang menggunakannya kemudian WAJIB menaati ketentuan yang sudah ditetapkan atas clipart tersebut dan tidak boleh melanggarnya. Bila melanggar, maka akan menghadapi akibat berupa tuntunan secara hukum oleh pemilik (pembuat) clipart dan sangsi moral sebagai orang yang menggunakan clipart secara ilegal.

Nah, ternyata tidak semudah itu menggunakan clipart, sekalipun clipart sangat mudah ditemukan di internet. Terlebih apabila penggunaan clipart komersial yang mendatangkan keuntungan, harus juga memberikan keuntungan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada pembuatnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com