4 Des 2015

Menggunakan dan Mendapatkan Clipart

Clipart Kucing

Menggunakan clipart dalam aktifitas digital adalah suatu hal yang menantang sekaligus menyenangkan. Clipart memiliki bentuk dan tampilan tidak terbatas, sehingga potensi karya yang bisa dihasilkan dengannya pun sangat besar. Akan tetapi, tidak semua clipart bisa digunakan untuk membuat karya kreatif. Untuk itu, saya akan coba menjelaskan dari awal mengenai clipart dan aspek-aspek yang berkaitan dengan penggunaannya. 

Apa Itu Clipart? 

Clipart adalah potongan gambar obyek yang terpisah yang memiliki latar belakang transparan dan dapat diperbesar/ kecil serta dipadukan dengan gambar lainnya. Clipart biasanya memiliki bentuk file .png dan bisa segera digunakan untuk membuat berbagai karya baik secara digital maupun tercetak, misalnya sebagai dekorasi di website atau brosur. 

Dengan karakteristik yang dimiliki tersebut, clipart memiliki banyak penggunaan. Secara garis besar, penggunaanya dibagi menjadi dua yaitu secara digital dan tercetak (printed). 

Contoh penggunaan clipart secara digital adalah; sebagai dekorasi website, digital scrapbook, digital printables (kreasi digital yang dapat diprint: kertas surat, pembatas buku, kartu ucapan, dll). Sedangkan contoh penggunaan clipart secara tercetak (printed) bisa dibagi menjadi; secara formal pada dekorasi pada buku, brosur, dll dan secara non formal pada karya kerajinan tangan seperti kaus, decoupage, resin, dll. 

Di Mana Bisa Mendapatkan Clipart? 

Umumnya clipart bisa didapatkan secara online di situs-situs yang menjual foto, clipart, atau perlengkapan scrapbook digital. Di sana, file clipart diperjualbelikan dalam bentuk .png dan bisa didapatkan melalui email atau link download setelah Anda membayar kepada penjual clipart atau pemilik situs. 

Cara lain mendapatkan clipart adalah melalui CD atau DVD kumpulan clipart atau software publikasi. Contoh DVD kumpulan clipart misalnya 'Dover Publication' yang memuat ribuan clipart klasik yang dapat digunakan secara langsung dan bebas baik untuk tujuan personal maupun komersial. Contoh software publikasi misalnya 'Scrapbook Factory Deluxe' atau 'Hallmark Card Studio'. 

Di dalam software tersebut juga terdapat ribuan clipart yang bisa Anda gunakan saat Anda membuat publikasi seperti kartu, brosur, jadwal pelajaran, dll dengan software tersebut. Akan tetapi, penggunaannya memiliki batas-batas tertentu, utamanya tidak untuk tujuan komersial.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com