27 Jan 2016

Perlengkapan Membuat Buket Flanel

Bunga Flanel

Saat ini saya sedang belajar membuat buket flanel, yaitu buket bunga yang terbuat dari kain flanel. Kenapa saya coba membuat buket flanel? Salah satunya karena kain flanel dapat dibuat menjadi bunga aneka bentuk dan warna, sehingga bunga-bunga yang dirangkai menjadi buket akan tampak cantik dan menarik. 

Biasanya sih, buket flanel ini dijual saat ada perayaan seperti wisuda, pernikahan, atau hari jadi. Kalau untuk wisuda dan hari jadi, biasanya buket dibungkus dalam media pembungkus seperti kain tile, plastik, atau kertas tisu. Sedangkan, bila untuk pernikahan, buketnya biasanya dibuat menggunakan bouquet holder (pemegang buket). Kali ini, saya ingin membuat buket flanel yang dibungkus. Untuk itu, saya terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebelum membuat buket flanel. 

Alat untuk membuat bunga flanel tangkai: 

  • Kain flanel untuk membuat bunga, mahkota bunga, dan daun (pilihan) 
  • Daun imitasi/ daun beludru 
  • Kawat bunga (untuk membuat batang bunga) 
  • Floratape (selotip batang bunga) 

Sedangkan, perlengkapan lain untuk membungkus buket bunga flanel adalah: 

  • Plastik motif Kertas tisu Kain tile
  • Gunting 
  • Lem tembak 
  • Selotip bening 

Untuk membuat buket bunga flanel, yang pertama kali harus dilakukan adalah menyiapkan bunga flanel dan batang bunga. Untuk membuat bunga flanel, Anda bisa mengikuti tutorial yang ada di Youtube tentang cara membuat bunga flanel. 

Batang bunga dibuat dengan melilitkan floratape (selotip hijau) ke seluruh kawat mulai dari atas hingga bawah. Gunanya agar batang menjadi lebih kokoh dan tidak mudah bengkok. Selain itu, daun imitasi yang biasanya telah memiliki kawat tipis dapat ditempelkan di batang menggunakan floratape tersebut. Juga, beberapa batang bunga dapat dikumpulkan menjadi satu menggunakan selotip berwarna hijau ini. 

Bila menggunakan tutorial yang ada di Youtube, umumnya bunga flanel dibuat dengan cara melilitkan putik di batang bunga. Artinya, Anda harus sudah menyiapkan batang bunga yang siap dipakai. Namun bila Anda menggunakan bunga flanel yang telah jadi, Anda dapat menggunakan mahkota bunga yang terbuat dari plastik atau kain flanel sendiri untuk menempelkan bagian bawah bunga dengan batang bunga. 

Setelah selesai membuat beberapa bunga flanel tangkai, Anda tinggal merangkai dan membungkusnya menjadi sebuah buket bunga. Untuk itu, Anda memerlukan bahan-bahan pembungkus buket flanel yang dapat dipilih mulai dari kertas tisu, kain spunbond, kain tulle/ tile dll. Agar lebih cantik, bagian luar buket dapat dibungkus lagi menggunakan plastik motif. 

Anda dapat memilih membuat daun dari kain flanel juga atau langsung menggunakan daun imitasi (daun beludru). Bila menggunakan daun flanel, Anda harus menyisakan sedikit bagian ujung agar daun dapat dililitkan di batang. Sedangkan, bila Anda menggunakan daun imitasi maka Anda hanya tinggal melilitkan batang daun yang terbuat dari kawat tipis.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com