2 Mar 2016

Sabar Saat Tak Suka

Sabar
Salah satu doa yang harus dipanjatkan pada Allah adalah 'Sabarkan aku atas apa yang tidak aku suka.' Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus meminta sabar kepada Allah atas sesuatu hal yang tidak Anda sukai?

Bukankah lebih nyaman untuk meminta sesuatu yang disukai kepada Allah; harta berkecukupan, keluarga harmonis, anak-anak yang berbakti, dan semacamnya? Lalu, bila Allah memberikan sesuatu yang tidak Anda sukai, mengapa Anda tetap harus bersabar dan meminta agar Allah memberikan kesabaran dalam hati Anda...?

Jawabannya tidak lain adalah, karena sangat mungkin dalam hal yang tidak Anda sukai ada banyak kebaikan di dalamnya. Sebut saja sakit keras. Kondisi ini tidak diinginkan oleh siapapun dan bila manusia cenderung merasa punya hak untuk berkeluh-kesah saat ditimpa kondisi ini. Namun, siapa yang tahu bila di dalam sakit itu ada hikmah yang terkandung di dalamnya? Misalnya saja, Anda jadi meninggalkan hal-hal buruk yang biasa Anda lakukan sebelum sakit. Sebaliknya, bila Anda merasa hidup Anda lurus namun Allah tetap memberikan sakit yang membuat Anda tidak berdaya, maka sakit itu menjadi penghapus dosa-dosa dan pembersih hidup Anda... bila Anda bersabar.

Contoh lain misalnya keluarga yang tidak harmonis; pasangan yang gemar melakukan KDRT atau berselingkuh. Tidak ada seorang pun yang menyukai hal tersebut, namun bila Allah memberikan ujian ini kepada Anda, yakinlah bahwa Allah tengah menunjukkan jalan untuk hidup yang lebih baik bagi masa depan Anda... bila Anda bersabar. Anda akan 'dipaksa' untuk menjadi lebih bijak dan berani menghadapi hidup; mengambil peluang, menguatkan potensi diri, dan pada akhirnya bersyukur atas nikmat yang tersembunyi di balik penderitaan Anda.

Namun, tidak selamanya hal yang tidak Anda sukai adalah sesuatu yang buruk. Seringkali ada hal-hal baik yang juga tidak Anda sukai namun tetap Anda diminta untuk bersabar melakukannya. Contohnya sangat banyak; shalat tepat waktu, mencari ilmu, bekerja, bersedekah, menjadi pribadi teladan bagi keluarga, dll.

Mungkin Anda merasa sangat berat untuk menjaga shalat, pergi berangkat ke sekolah atau kantor, atau menghadapi celotehan anak yang meminta perhatian dan kasih sayang Anda. Kadang semua hal itu terasa melelahkan dan membuat Anda jenuh. Namun, kebaikan di dalamnya amat besar, bila Anda bersabar.

Maka, mintalah kesabaran kepada Allah untuk hal-hal yang tidak Anda suka. Tentu saja sebelum itu Anda harus terlebih dahulu meminta kemudahan atas segala sesuatu, namun bila Allah telah menakdirkan kesulitan bagi Anda, maka mintalah kesabaran atas hal itu sambil terus mencari solusi yang terbaik.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com