22 Jun 2017

Membuat Keripik Kentang Soto

Keripik Kentang
Kemarin saya coba membuat keripik kentang untuk soto ayam buat acara buka bersama keluarga di rumah. Alhamdulillah, keripik kentang yang saya goreng di siang hari bisa bertahan tetap garing dan renyah hingga waktu berbuka, bahkan hingga hampir malam. Anda yang ingin membuat keripik kentang untuk soto bisa mencoba membuatnya juga

Bahan :

  • Kentang 10 butir --> jadinya satu toples kecil plastik Lion Star. Untuk jumlah lebih sedikit bisa mengurangi kentangnya.
  • Garam

Cara Membuat :

  1. Kupas kentang, bersihkan dengan air mengalir.
  2. Iris kentang tipis-tipis dan simpan dalam wadah. Saya mengiris kentang dengan cara membelahnya dulu menjadi dua lalu masing-masing bagian kembali dibelah dua di tengah dan langsung diiris tipis. Dengan begini, keripik kentang yang dihasilkan akan berukuran kecil (kurang lebih 2cm). Bila Anda ingin keripik kentangnya lebih besar, langsung iris kentang setelah dibelah menjadi dua. Tipisnya irisan kentang akan membuat keripik yang dihasilkan jadi lebih garing.
  3. Cuci irisan kentang, perlahan-lahan bilas kentang hingga kandungan kanji yang ada di dalamnya larut dalam air. Anda akan lihat air bilasan kentang di dalam wadah menjadi putih keruh, itu adalah tanda adanya kanji yang terlarut. Bilas kentang yang yang telah diiris tipis sebanyak 2 kali (air selalu diganti yang baru). Mencuci kentang penting dilakukan agar kanji yang ada di dalam kentang berkurang. Hal ini akan membuat kentang tidak saling melekat satu sama lain saat digoreng. Bila kentang masih banyak kanji, maka begitu digoreng akan saling menempel dan tidak garing.
  4. Beri satu setengah sendok teh garam lalu kembali diaduk merata. Aduk garam hingga kentang menjadi layu. Saat diaduk, Anda akan lihat adanya air di dalam wadah kentang meski Anda sudah mengeringkan sebelumnya. Tidak apa-apa, air yang ada di wadah berasal dari dalam kentang yang keluar sebab diberi garam. Anda bisa tunggu sejenak agar garam lebih meresap ke dalam kentang atau bila Anda tidak ingin terlalu asin, langsung lakukan langkah selanjutnya.
  5. Bilas irisan kentang sekali lagi dengan sedikit air, lalu keringkan hingga tidak lagi tersisa air di dalam wadah. Saat ini, kondisi kentang sudah tipis dan layus serta siap digoreng.

Cara Menggoreng :

  1. Gunakan penggorengan yang diameternya cukup besar hingga leluasa mengaduk kentang.
  2. Tuang minyak dan panaskan, kemudian masukkan kentang (saya masukkan sejumput demi sejumput) kemudian langsung aduk kentang dengan mendorong spatula lurus ke depan agar kentang tidak saling melekat. Lakukan terus berulang-ulang, sebisa mungkin jangan biarkan kentang tanpa diaduk karena kentang sangat mudah menjadi matang dan gosong.
  3. Bila sebagian kentang sudah mulai berwarna kekuningan, segera angkat kentang dan tiriskan. Jangan tunggu hingga seluruh kentang di penggorengan berubah warna, karena kentang sangat mudah menjadi gosong dan saat dikeringkan warnanya akan berubah menjadi coklat.

Tips agar keripik kentang untuk soto garing dan renyah : setelah kentang diangkat dari penggorengan, tiriskan di saringan. Kemudian, keringkan lagi di atas kain yang dapat menyerap minyak (saya menggunakan kaus yang sudah tidak dipakai). Tebar keripik di atas kain, bolak-balik agar seluruh permukaannya yang berminyak terkena kain. Tunggu hingga beberapa menit sampai keripik kentang benar-benar kering dan dingin. Masukkan keripik kentang ke dalam toples tertutup.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com