1 Feb 2019

Membuat Bunga Kain Sifon

Bunga Sifon

Saya ingin berbagi tutorial membuat bunga kain sifon seperti yang ada di foto di atas. Saya namakan saja bunga kain sifon ini nomor '1' karena masih ada model-model lainnya yang dapat dibuat menggunakan bahan yang sama. Bisa juga bunga ini dinamakan bunga kain sifon lancip, atau apa saja yang Anda suka. Bunga kain ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat bros atau dekorasi hasil kriya lainnya seperti clutch, kotak tisu, pegangan hordeng, dan lain-lain.

Sebagai pendahuluan, kain sifon memiliki tekstur permukaan yang agak kasar, lemas, dan licin. Kain ini bisa polos atau bercorak, dan warna polosnya sangatlah bervariasi. Anda bisa menggunakan kain berwarna sama atau selang-seling.

Untuk membuat bunga kain sifon (1) ini caranya sangat mudah. Yang dibutuhkan adalah enam buah kain sifon yang dipotong bulat, enam kain sifon bulat lain yang ukurannya lebih kecil, benang, jarum, dan gunting.

Pertama-tama, lipat jadi dua kain sifon bulat (ukuran besar). Contohnya seperti yang ada di foto di bawah. Jarum dan benang pada foto hanya sebagai penahan agar kain dapat difoto.

Kemudian, dengan dikira-kira, lipat sepertiga bagian hingga tersisa dua pertiga bagian. Contohnya seperti foto di bawah.

Selanjutnya, lipat sepertiga bagian lain hingga menumpuk di atasnya hingga tercipta sebuah kelopak bunga. Setelah terbentuk demikian, jahit bagian bawahnya dari kanan ke kiri. Saya mulai jahitan dari atas kain dan keluar di atas lagi. Tarik benang hingga kelopak terbentuk sempurna.

Lakukan hal yang sama dengan kelima kelopak lainnya. Saat telah terbentuk enam kelopak yang bersambungan, tusukkan jarum ke bagian bawah kelopak dan buat simpul untuk mengencangkan ikatan kelopak.

Buat enam buah kelopak bunga lainnya dengan kain yang lebih kecil. Atur bersusun dengan berselang-seling sehingga perbedaan ukurannya terlihat jelas. Tempelkan bunga kecil dan bunga besar dengan lem tembak. Untuk bagian tengahnya, Anda bisa gunakan mutiara tempel atau mutiara 6 mm yang sudah dirangkai menjadi center (saya menggunakan mutiara center beda warna karena belum sempat membuat yang sewarna).

Bila sudah jadi, Anda hanya tinggal menempelkan alas bros atau langsung menempelkan bunga kain sifon ini di karya yang lain. Selamat mencoba!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com