13 Feb 2019

Tips Melelehkan Coklat Compound

Coklat Cair

Ini sedikit tulisan dari pengalaman Aini membuat cake pops bersama temannya untuk tugas sekolah. Tips mencairkan coklat compound yang harus selalu diingat dan tidak boleh dilupakan.

Yang pertama adalah menggunakan wadah untuk melelehkan cokelat compound. Cokelat yang saya gunakan adalah cokelat Mercolade yang lezat dalam bentuk batangan panjang. Cokelat ini cukup padat dan karenanya saya membutuhkan wadah yang mudah menghantarkan panas agar cokelat cepat meleleh. Saya menggunakan mangkuk stainless steel kecil seperti yang terlihat di foto. Wadah stainless ini sangat baik menghantarkan panas dan karenanya cokelat jadi cepat meleleh.

Tips melelehkan cokelat compound yang kedua adalah menyerut cokelat menjadi serutan-serutan kecil sebelum dilelehkan. Jangan lelehkan cokelat compund dalam bentuk kotak meskipun ukurannya sudah lebih kecil. Cokelat berbentuk serutan lebih cepat meleleh dan sangat mudah diaduk menjadi cairan. Untuk menyerut cokelat, cukup gunakan pisau dan serut sedikit demi sedikit hingga seluruh batang.

Yang ketiga adalah meletakkan wadah stainless steel berisi cokelat serut di atas mangkuk berisi air panas. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan perlengkapan lain yang ada, namun karena di rumah saya ada mangkuk yang ukurannya pas dengan wadah stainless maka saya menggunakannya. Cara meletakkannya seperti yang ada di foto di bawah. Mangkuk warna merah berisi air panas sedangkan cokelat ada di mangkuk stainless. Saya mengaduk cokelat sambil memegangi wadah stainless agar tidak goyang. Cokelat pun meleleh dengan mudah.

Yang terakhir dan mungkin berdasarkan pengalaman membuat cake pops kemarin, jangan mencampur cokelat putih ke dalam cokelat compound warna. Bila ingin dicampur dengan cokelat putih mungkin sedikit saja. Saya menulis ini sebagai hal yang penting karena awalnya Aini mencampur bongkahan cokelat putih ukuran sedang ke dalam masing-masing cokelat compound. Akibatnya, cokelat jadi sulit meleleh sekalipun sudah dipanaskan berkali-kali dalam waktu yang lama.

Nah, seperti itulah beberapa tips melelehkan cokelat compound yang saya rasa penting. Ini menjadi bekal bagi saya dan Aini bila ingin melelehkan cokelat untuk membuat aneka kue dan makanan di kemudian hari. Semoga saja saya dan Aini tidak sampai lupa tips ini agar kami tidak kesulitan melelehkan cokelat seperti sebelumnya.

Jangan lupa baca resep kue waffle fluffy anti gagal milik Aini!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com