10 Mei 2019

Membuat Bola Ubi Saus Thailand

Bola Ubi

Yuk membuat bola ubi saus Thailand, perpaduan camilan biji salak (bola ubi) dan saus santan ala Thailand. Cara buatnya mudah, rasanya pun nikmat apalagi bila didinginkan di kulkas.

Awalnya, di bulan puasa ini saya iseng ingin makan bola ubi (biji salak) namun tidak dikolak seperti menu Ramadhan biasanya. Saya ingin memakannya dengan saus santan kental seperti pada camilan singkong Thailand. Akhirnya saya coba membuat dan memadukan keduanya. Ternyata rasanya tetap nikmat; apalagi bila kuahnya didinginkan di dalam kulkas... hm... segar!

Bahan Bola Ubi

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bola ubi adalah :

  • Ubi ungu (dalamnya kuning) 2 buah. Setelah dikupas dan ditimbang, total beratnya sekitar 450 gram.
  • Tepung tapioka 100 gram.
  • Gula pasir 100 gram.

Langkah Membuat Bola Ubi

  1. Pertama-tama, kupas ubi dan cuci hingga bersih. Buang 'mata' berwarna hitam yang ada di permukaan kulit. Kemudian, kukus ubi hingga 30 menit atau sudah empuk. Pastikan ubi sudah benar-benar empuk, karena bila masih keras akan sulit untuk dihaluskan.
  2. Setelah empuk, angkat ubi dan letakkan di wadah. Dalam keadaan hangat, hancurkan ubi hingga benar-benar halus (saya pakai sendok plastik dan tangan). Bila ada yang masih padat, hancurkan hingga lumat. Masukkan tepung tapioka dan campur kembali hingga rata. Terakhir, masukkan gula pasir dan aduk kembali hingga benar-benar tercampur.
  3. Bentuk adonan ubi menjadi bola yang padat dengan digulirkan dan dibulat-bulatkan menggunakan tangan. Lakukan hingga semua adonan habis dibentuk menjadi bola. Didihkan air di panci, masukkan bola-bola ubi dan biarkan mengambang tanda telah matang. Tunggu sebentar agar bola ubi benar-benar matang hingga ke bagian dalam, tiriskan.

Bahan-bahan Kuah Santan Saus Thailand

  • Santan cair
  • Tepung maizena
  • Garam
  • Gula

Cara membuat kuah santan hampir sama dengan membuat vla puding, bedanya yang digunakan adalah santan cair bukan air putih biasa. Pertama-tama, santan cair direbus (saya tambahkan sedikit air) kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air dingin. Tambahkan sedikit gula dan garam untuk memperkuat rasa. Aduk terus hingga kental dan rasa telah sesuai selera Anda.

Tips : jangan mencairkan tepung maizena dengan air panas karena tepung akan menggumpal dan sulit cair. Gunakan air suhu ruang biasa untuk mencairkan tepung maizena. Setelah kuah santan jadi, bisa disimpan di dalam kulkas dan dicairkan dengan sedikit air bila terlalu kental.

Tips lagi ... bola ubi sudah mengandung gula alami; karena ditambahkan gula pasir lagi ketika diangkat dari air mendidih akan jadi sedikit lengket. Bila tidak segera dikonsumsi, bola ubi bisa disimpan di dalam kulkas. Bola ubi yang padat saat dibulatkan mencegah gampang hancur karena lengket dengan sesamanya.

Demikian sedikit tulisan tentang membuat bola ubi saus Thailand ala saya. Kalau ada kekurangan di sana-sini, harap dimaklumi ya. Aslinya sih saya ibu RT biasa yang doyan coba-coba memasak. Kadang hasil masakan saya sukses, tapi banyak juga yang gagal... haha. Semoga bisa menginspirasi dan jadi salah satu menu takjil puasa.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com