22 Jan 2020

Media Tanam Tanaman Hias yang Saya Pakai

Menanam Tanaman

Saya ingin berbagi tentang media tanam yang saya pakai untuk tanaman hias saya. Saya menanam tanaman hias di pot; karenanya sangat penting bagi saya untuk memilih media tanam yang tepat agar tanaman dapat tumbuh baik. Hal ini disebabkan lingkungan hidup di pot tidak sealami lingkungan hidup tanah pekarangan atau kebun. 

Media tanam yang baik akan membantu tanaman mendapat nutrisi untuk pertumbuhannya sekaligus menciptakan lingkungan hidup yang menyerupai keadaan alami (gembur, banyak mikroogranisme menguntungkan seperti cacing, dll). Beberapa media tanam yang pernah saya gunakan adalah sebagai berikut : 

Tanah Mix 

Yang dimaksud dengan tanah mix adalah tanah siap pakai yang telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Biasanya, campurannya terdiri dari tanah subur, pupuk kandang yang sudah difermentasi, sekam bakar, cocopeat, dan kadang sudah mengandung kaptan atau kapur pertanian. Karena kandungan tanah mix ini sudah cukup lengkap, saya bisa langsung menggunakannya sebagai media tanam atau dicampur lagi dengan sekam bakar untuk menambah volume atau keporosan tanah. Tanah mix ini hampir sama dengan tanah kebun yang biasanya sudah mengandung humus daun-daunan yang telah lapuk. Bagi Anda yang tidak memiliki kebun seperti saya, tanah mix bisa digunakan sebagai media tanaman hias. 

Sekam Mentah 

Sekam mentah adalah lapisan pelindung luar dari butiran padi dan seringkali dianggap sebagai "limbah" pertanian setelah proses penggilingan padi. Sekam mentah memiliki karakteristik ringan sehingga baik untuk aerasi akar tanaman, namun hanya memiliki sedikit nutrisi. 

Sekam Bakar 

Sekam bakar adalah media yang terbuat dari sekam padi mentah yang telah mengalami proses pembakaran atau pemanasan. Sekam bakar lebih ringan daripada sekam mentah dan tidak dapat menyimpan air dalam waktu lama. Sehingga, sekam bakar sangat ideal untuk menjadi media tanam bagi tanaman yang tidak memerlukan kelembaban tinggi seperti aglaonema, lidah buaya, dll. Namun, sama halnya dengan sekam mentah sekam bakar pun tidak memiliki nutrisi yang banyak. Karenanya, penggunaanya biasanya dicampur dengan media tanam lain seperti tanah kebun (tanah mix), akar pakis, humus bambu, dan lain sebagainya. 

Pasir Malang 

Media tanam pasir malang saya gunakan sebagai campuran dengan sekam bakar untuk tanaman-tanaman yang kurang menyukai air seperti aglaonema, lidah mertua, dll. Namun, pemakaiannya tetap harus dicampur dengan media tanam lain karena pasir malang, seperti halnya sekam bakar, tidak memiliki nutrisi organik yang tinggi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com