21 Feb 2020

Demo Membuat Mie Basah

Membuat Mie

Oleh-oleh arisan warga dengan demo masak membuat mie basah oleh Chef Deddy.

Mengenal Bahan Mie

Mie basah, seperti mie lainnya terbuat dari campuran tepung, garam, dan air. Pemberian tambahan lain berupa soda dan telur memiliki fungsi tersendiri. Bila adonan ditambah telur maka mie akan mudah mengembang (megar) saat direbus. Bila ditambahkan soda maka mie akan semakin kenyal. Selain oleh soda, kekenyalan mie juga ditentukan oleh jenis tepungnya. Semakin tinggi protein di dalam tepung, maka mie akan semakin kenyal.

Soda yang digunakan di dalam mie terdiri dari dua macam yaitu soda kue dan soda api/ soda abu. Soda kue merupakan garam alkali, bila ditambahkan ke dalam tidak akan membikin kembung saat dimakan. Di sisi lain, soda api/ soda abu memang akan membuat mie lebih kenyal namun bisa membuat kembung karena mie baru akan selesai dicerna kurang lebih 3 hari setelah dimakan. Ciri lain mie yang ditambahkan soda api adalah warnanya yang cenderung berwarna abu-abu.

Tambahan mengenai warna mie; mie yang diberikan pewarna makanan maka warnanya mudah larut saat mie direbus. Sedangkan, bila warnanya tidak larut dan mie tetap kuning maka besar kemungkinan mie diberi pewarna tekstil. Lalu mengenai isu yang beredar bahwa mie instan diberi lapisan lilin karena berminyak saat direbus tidaklah benar. Mie yang keluar saat proses perebusan adalah sisa minyak yang tertinggal di mie karena saat pembuatan mie basah dikeringkan (dioven) kemudian digoreng sebentar.

Perbandingan Tepung dan Air

Untuk membuat mie yang baik dengan kekenyalan yang pas dibutuhkan perbandingan tepung : air 100% : 40%. Artinya, untuk setiap 1 bagian tepung dibutuhkan air 0,4 bagian air. Sebagai contoh bila tepung yang digunakan 1 kg, maka airnya 400 gr (cc). Untuk tepung 250 gr, air yang dibutuhkan kurang lebih 100 cc -- bisa didapat dari telor (50 cc) dan air putih (50 cc).

Bila menggunakan jus sayur atau buah sebagai campuran mie, maka sayur atau buah itu harus diblender terlebih dahulu. Hasil blenderan (cairan & padat) dihitung sebagai jumlah cairan yang ditambahkan ke tepung. Tips : bayam tidak dianjurkan sebagai campuran karena sulit dibuat menjadi adonan mie.

Membuat dan Memasak Mie Basah

Bahan Adonan Mie

  • Tepung (bisa merk apa saja, yang dipakai saat demo "Cakra Kembar") 250 gr
  • Telor 1 butir 50 gr/ cc
  • Air 50 cc
  • Garam 2,5 gr (1/2 sdt)
  • Soda kue Koepoe-Koepoe 2,5 gr (1/2 sdt)

Cara Membuat Mie

  • Campur telor dan air di mangkuk, aduk rata.
  • Masukan tepung ke dalam campuran telor dan air, aduk kembali hingga rata.
  • Masukkan ke mesin penggiling mie dan giling adonan hingga yang permukaan adonan halus. (Awalnya adonan berbentuk lengket dan kasar, setelah digiling berkali-kali maka adonan akan menjadi halus). Setelah adonan halus, agar tidak lengket permukaannya dapat ditaburi tepung maizena/ tapioka tipis-tipis.

Tips : jangan berikan tepung maizena selagi adonan masih kasar karena akan menambah berat bahan tepung. Juga, jangan sekali-kali mencuci mesin pemotong mie karena bila sekali saja terkena air maka akan mudah berkarat. Untuk membersihkan, cukup dilap dengan lap/ tisu kering.

Setelah adonan mie menjadi halus, potong adonan menggunakan mesin pemotong mie. Besar kecil mie ditentukan dari setting mesin pemotong. Bila mie ingin dibuat 'keriting', maka saat mie keluar dari mesin ditahan dengan tangan hingga bertumpuk baru dikeluarkan dari mesin.

Mie mentah yang sudah jadi dapat disimpan dikelompokkan dibungkus dalam plastik yang rapat dan dimasukkan ke dalam kulkas. Bila disimpan di freezer, mie bisa bertahan hingga 6 bulan asalkan tidak dikeluar/masukkan. Bila disimpan di bagian bawah kulkas, maka bisa bertahan hingga 2 -3 hari.

Tips : agar mie tidak dikeluar/masukkan dari dan ke dalam kulkas, bungkus mie dalam jumlah kecil-kecil sesuai dengan yang ingin dimakan.

Cara Memasak Mie

Siapkan air dan rebus hingga mendidih. Bila air telah mendidih, masukkan mie mentah dan biarkan 2 - 3 menit hingga mie mengambang di permukaan air. Artinya, mie sudah matang dan bisa dipergunakan untuk berbagai masakan (mie ayam, mie goreng/ rebus/ tumis, dll).

Pelengkap Minyak Bawang

Mie yang telah matang bisa dijadikan bahan untuk mie ayam. Agar lebih nikmat, mie ayam harus dilengkapi dengan minyak bawang yang dapat dibuat dengan sangat mudah. Caranya adalah dengan memblender jadi satu minyak sayur (250 gr) dan bawah merah goreng (50 gr). Hasilnya adalah minyak bawang yang gurih dan lezat, serta cocok untuk menjadi campuran mie matang sebelum ditambah topping ayam jamur.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com