30 Agu 2020

Membuat Bros dari Aplikasi Busa

Menjahit

Membuat bros dari aplikasi busa sangat mudah dan menyenangkan. Karena terdapat banyak jenis aplikasi ini di pasaran, Anda bisa membuat bros dari bentuk apapun. Yang Anda butuhkan hanyalah peralatan menjahit dan alat kerajinan dasar.

Yang dimaksud dengan aplikasi busa adalah sejenis aplikasi pakaian / kerajinan tangan berbahan dasar kain busa yang empuk (puffy). Berbeda dengan aplikasi tempel lain dari bahan akrilik/ resin/ kayu yang keras, aplikasi busa terasa empuk karena di dalamnya terdapat busa lembaran biasa digunakan sebagai busa bahu (pad) di pakaian. Karenanya, di toko bahan crafts di luar negeri aplikasi ini biasa juga disebut padded appliques.  

Bagi orang tua yang memiliki anak perempuan, membuat kerajinan bros aplikasi tempel empuk bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama. Anda bisa mulai dari bersama-sama memilih jenis aplikasi yang akan dijadikan bros sampai menyelesaikan proses pembuatan bros itu sendiri.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bros dari aplikasi tempel empuk adalah sebagai berikut :

Aplikasi Tempel Empuk (aneka bentuk; bunga, boneka, dll)Lem Tembak dan TembakannyaPeniti Bros / Peniti MangkokManik-Manik Akrilik / MutiaraKain FlanelBenang Nilon dan Jarum

Pertama-tama, pilih jenis aplikasi yang ingin Anda atau anak Anda gunakan sebagai bros. Terdapat banyak pilihan jenis mulai dari kainnya yang bermacam-macam (beludru, payet, satin yang licin) hingga bentuknya yang beraneka jenis (bunga, buah-buahan, boneka, pita, dll). Pada post ini, saya tampilkan beberapa aplikasi tempel empuk bentuk bunga, kupu-kupu, dan boneka.

Cek apakah aplikasi yang dipilih sudah rapi bentuknya atau tidak. Kadang, pada jenis aplikasi bunga yang bertumpuk, ada kelopak yang tidak pas di tengah-tengah. Bila hal itu terjadi, cabut tumpukannya dan posisikan di tengah.

Bila menggunakan aplikasi tempel bunga, biasanya di bagian atas tidak terdapat center (putik) sehingga Anda harus menambahkannya sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan benang nilon yang telah dipasang di jarum dan menjahit manik-manik akrilik atau mutiara sebagai center bunga. Alternatif lain, Anda bisa langsung menempelkan manik-manik tersebut dengan lem tembak secara hati-hati.

Kemudian, siapkan peniti bros atau peniti mangkok dan lembaran kain flanel. Peniti bros adalah jenis peniti lurus yang ada di bagian belakang bros. Sedangkan, peniti mangkok adalah peniti bros yang telah dipatri ke alas yang menyerupai mangkok bundar.

Sebelum menempelkan peniti di aplikasi tempel empuk, sebaiknya lapisi bagian belakang aplikasi dengan lembaran kain flanel. Anda bisa menggunting kain flanel mengikuti bentuk aplikasi atau bentuk lain seperti lingkaran atau segi empat. Guna dari kain flanel ini adalah untuk memperkuat aplikasi tempel tersebut, karena biasanya lapisan busa di dalamnya sangat tipis. Selain itu, lembaran flanel juga berfungsi sebagai tempat menempelkan peniti bros atau peniti mangkuk.

Setelah membuat lapisan penguat kain flanel dan peniti telah ditempelkan di sana, maka tinggal menempelkan seluruhnya di bagian belakang aplikasi. Bros dari aplikasi tempel empuk pun siap telah jadi dan siap digunakan untuk teman mengaji anak atau pergi ke acara-acara lainnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com