29 Des 2020

Tugas Resensi Buku Bahasa Indonesia Kelas 8

Resensi Buku

Berikut contoh tugas resensi buku fiksi pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 8 (2 SMP).

Judul buku fiksi : Cincin Odeleodeo

Isi cerita : Buku ini mengisahkan tentang gadis kecil bernama Clara yang periang namun pemalas. Suatu hari, ia menemukan cincin tua milik seorang penyihir jahat bernama Odeleodeo. Ibu Clara melarangnya untuk memakai cincin itu tetapi Clara berkeras dan diam-diam memakainya. Karena terus dipakai, Odeleodeo terbebas dari penjara di dalam cincin tersebut dan menculik ibu Clara untuk dijadikan hiasan kastilnya. Tidak hanya itu, ia juga mengubah Clara menjadi seekor burung kecil.

Clara yang telah berubah menjadi burung bertekad untuk menyelamatkan ibunya. Di perjalanannya ia bertemu dengan Pak Burung Hantu yang bijak dan Raja Angsa Hitam. Mereka menyuruh Clara menemui Penyair Bintang untuk menanyakan di mana kastil Odeleodeo berada. Penyair Bintang bercerita bahwa Clara harus menemui Rusa Putih yang pernah ditolong Odeleodeo. Clara melanjutkan perjalanannya dan ia bertemu dengan seekor gagak, bernama Gahit. Gahit berkata akan membantu menunjukaan jalan ke rumah rusa putih. Tetapi ia binatang yang licik yang kemudian menipu Clara. Rumah yang dibilangnya adalah rumah rusa putih ternyata milik sahabat rusa putih, landak belang dan ketika Clara sedang beristirahat, Gahit mencoba untuk mencuri cincin Clara.

Namun aksi Gahit itu digagalkan oleh Landak Belang, ia juga kemudian yang membawa Clara ke tempat rusa putih sesungguhnya berada. Rusa putih bercerita pada Clara, ia harus mendatangi kastil Dwighty karena itulah tempat terakhir yang harus dituju Clara sebelum ia akan sampai ke kastil Odeleodeo.  Sesaimpainya di kastil Dwighty, ia memohon untuk ditunjukan arah terakhir ke kastil Odeleodeo. Dwighty awalnya bersikeras tidak mau membantunya namu lama kelamaan haitnya melembut melihat sosok burung kecil yang malang tersebut dan akhirnya memberi petunjuk jalannya yang terakhir. Dengan itu, Clara akhirnya bisa sampai di kastil Odeleodeo.

Kelebihan dari buku ini terletak dari alur dan temanya yang unik juga tokoh-tokohnya yang bersahabat dengan anak kecil. Cerita ini juga mengajarkan agar kita tidak membantah perintah orang tua seperti halnya cLara yang bersikeras untuk memakei cincin tersebut meski telah dilarang oleh ibunya. Namun, dengan itu Clara akhirnya bangkit dan bertekad untuk menyelamatkan ibunya dari tangan penyihir jahat itu.

Kelemahan dari buku ini terletak di jumlah tokohnya yang sedikit terlalu banyak. Tokoh-tokoh tersebut memang yang membantu Clara untuk menuju ke kastil Odeleodeo tetapi beberapa diantaranya hanya terkesan untuk memping-pong Clara. Membuat alurnya terkesan lebih lama dari yang seharusnya.

Dari ulasan tersebut, kesimpulan yang dapat saya ambil adalah, ceritanya bagus dan cukup mendidik untuk anak-anak dengan pesan-pesan moralnya, namun tokoh pembantunya terlalu banyak untuk cerita sesingkat itu.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kenalan

Foto saya
Blog tentang ngobrol, crafting, keluarga, pengembangan diri, masak-masak.

Popular Posts

Semua Tulisan

Featured Post

Rumah Yang Nyaman

Ada alasannya kenapa 'rumah' yang ada di hati disebut 'home' dan bukan 'house'. Karena rumah yang sesungguhnya adala...

Blog Archive

Komunitas


Copyright © Rumah Vani | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com